Selasa, 18 Mei 2010

SISTEM POLITIK INDONESIA

Negara ini merupakan negara yang kaya akan keindahan alamnya beserta berbagai kebudayaan yang dimiliki oleh negara Indonesia ini. Bumi pertiwi tercinta. Karena kemerdekaannya membutuhkan semangat dan tumpah darah dari para pahlawan kita. Sehingga dibutuhkannya seorang pemimpin penerus bangsa yang mampu membawa Indonesia lebih makmur, memiliki jiwa yang bijaksana, adil, mengerti akan kehidupan rakyatnya.
Bila kita pahami lagi bahwa pengertian dari sistem politik itu sendiri adalah kumpulan atau keseluruhan berbagai kegiatan dalam Negara Indonesia yang berkaitan dengan kepentingan umum termasuk proses penentuan tujuan, upaya-upaya mewujudkan tujuan, pengambilan keputusan, seleksi dan penyusunan skala prioritasnya.
Ketika berbicara tentang sistem politik kita saat ini, saya rasa Indonesia ini bukanlah Indonesia yang seperti dulu lagi. Walaupun memang dari dulu hingga sekarang tidak ada perubahan yang berarti. Tetap saja kemiskinan, ketidakadilan masih ada. Hanya saja dalam berbagai bidang pendidikan, lapangan pekerjaan, lebih banyak kesempatan-kesempatan yang dapat kita peroleh sebagai masyarakat.
Kita tahu bahwa begitu banyak skandal-skandal politik yang terjadi di negara ini sehingga berbagai permasalahan yang kita hadapi tidak pernah terselesaikan dengan baik. Masih banyak hal yang tersembunyi dalam sistem politik dinegara kita sehingga tujuan akan kemakmuran bangsa ini masih sangat jauh.
Dalam hal ini siapa yang harus disalahkan??
Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita bahas sistem politik ini bila ditinjau dari :

- Parpol (Partai Politik)
Pada saat ini begitu banyak parpol yang ada dinegara ini, Tapi hanya sedikit yang memiliki kualitas dan kepribadian yang bagus untuk menjadi bagian dari parpol tersebut, kemudian dalam memperoleh kekuasaan dan untuk mencari perhatian dari rakyat, banyak hal-hal kotor yang dilakukan. Dan juga elemen-elemen dari sebagian partai tidak memiliki etika yang baik.

- Lembaga Negara
Pada lembaga negara sendiri, kinerja pemerintahan yang dilakukan tidak transparan, masih tidak memihak pada rakyat. Lebih didahulukannya kepentingan pribadi maupun golongan. Selain itu, (KPK) Komisi Pemberantasan Korupsi adalah lembaga negara yang dalam melaksanakan tugas dan wewenangnya bersifat independen dan bebas dari pengaruh kekuasaan manapun. Tapi jika dilihat dari berbagai kejadian belakangan ini yang terjadi di negara kita, KPK tersebut telah dicampuri kewenangannya.

- Masyarakat
Hal positif yang dapat dirasakan oleh masyarakat kita saat ini adalah masyarakat diberikan keleluasaan dalam mengeluarkan aspirasi, masyarakat mulai menjadi kritis serta tanggap terhadap urusan negara. Dan jika rasa nasionalisme berkurang pada jiwa masyarakat, maka hal tersebut dapat menyebabkan rapuhnya sistem politik di negara ini.

0 komentar:

Posting Komentar