Selasa, 04 Januari 2011

ELEMEN PROSES "MEMBIASAKAN KEBIASAAN BERFIKIR KREATIF "

Berfikir kreatif dapat diklasifikasikan menjadi tiga macam, yaitu berfikir kreatif keadaan sadar (concious), berfikir inovatif dan berfikir intuitif (dalam keadaan di bawah alam sadar (unconscious).
1. Kreatif
Berfikir meliputi ; berfikir tertutup dan berfikir terbuka. Berfikir tertutup tidak dipengaruhi lingkungan, sedangkan berfikir terbuka dipengaruhi lingkungan.
Kreatif adalah orang yang dalam keadaan sadar mampu melihat masa depan. Selain itu juga dapat menemukan ide-ide baru yang tidak terpikirkan oleh orang biasa.
Kreatifitas yaitu kemampuan menciptakan sesuatu yang tadinya tidak ada menjadi ada. Tidak sedikit orang yang mampu membuat sebuah puisi, cerita, membuat lukisan dan lain sebagainya. Tentu saja itu merupakan kreatifitas yang positif.
Proses Kreatif yaitu aktivitas seseorang atau sekelompok orang berfikir kreatif hingga mencapai tahapan untuk menghasilkan produk kreatif.
Produk kreatif yaitu hasil aktivitas berfikir kreatif yang berupa produk tidak berwujud (intangible) untuk menjadi produk akhir yang berwujud (tangible).
2. Berfikir Inovatif
Inovatif yaitu memiliki kecerdikan untuk membaca keadaan sekarang dan mengantisipasi masa depan. Seorang inovator akan memiliki ide-ide baru yang cenderung berubah-ubah.

3. Berfikir Intuitif

Adalah pekerjaan seseorang yang memiliki kemampuan berfikir alam bawah sadar (intuisi, firasat) yang sehari-hari pengambilan suatu keputusan dilakukan.

Menuju Insan Pribadi Kreatif

Ada perbedaan antara pribadi yang kreatif dan non kreatif. Tentunya anda memiliki kemapuan untuk menilai. Berikut beberapa hal penting :
 Memandang dunia jangan hanya dengan cara konvensional tetapi juga dari sudut pandang inkonvensional.
 Menjadi insan yang produktif, antisipatif, memiliki kemauan keras untuk sukses.
 Memiliki motivasi instrinsik, daya pengaruh, cerdas, percaya diri, pengalaman hidup yang luar biasa.
 Dapat dipercaya, jujur, menepati janji, pantang berdusta.
Selain itu, perlu usaha inside-in dan inside-out dengan sungguh-sungguh, memprluas wawasan, hormat-menghormati, mampu menempatkat diri dengan baik dalam setiap situasi, mengubah diri menjadi pribadi yang positif.

Kemampuan dan Manfaat Berfikir Kreatif
Banyak manfaat yang akan kita rasakan jika kita membiasakan diri untuk berfikir kreatif. Hendaknya kita melatihnya mulai dari sekarang dan dengan membiasakan untuk mendengar, membaca, bertukar pikiran, bersikap toleran, mencintai hobi, fokus terhadap persoalan yang dihadapi, menghindari pemikiran yang melebar, memperkaya ilmu pengetahuan, memperkuat gagasan, memperkuat kekuatan otot, otak, hati, berfikiran positif dan hindari fikiran negative, berani, mampu menggunakan waktu dengan baik.

Berani Bermimpi dan Mewujudkan
Setiap manusia pasti memiliki sebuah mimpi, tidak memandang kaya atau miskin. Setiap orang memiliki hak untuk bermimpi dan mewujudkan mimpi itu. Mulai dari skarang, berfikirlah sesuatu yang besar dari lubuk hati kita yang paling dalam. Jangan membatasi keinginan biarkan impian itu menjelajahi apapun yang kita inginkan. Besyukurlah pada Allah SWT karena kita masih memiliki mimpi yang akan menjadi kenyataan, hanya dengan sabar, berdoa, berusaha dan menjalani stiap proses hidup ini dengan sebaik-baiknya. Tetap optimis dan berfikir positif serta melakukan tindakan-tindakan yang positif pula. Karena dengan hal itu kita memiliki kekuatan untuk menggapai mimpi yang sedang kita bangun dari sekarang.

0 komentar:

Posting Komentar