Selasa, 11 Januari 2011

WAWASAN BERFIKIR KREATIF INTO ACTION

Akar persoalan

Setiap manusia yang sukses dan berhasil dalam hidupnya selalu berhadapan dengan masalah. Tidak ada manusia yang tidak memiliki masalah. Namun karena ada masalah, manusia jadi belajar untuk menghadapinya mencapai kesuksesan itu serta berusaha menemukan gejala dan akar dari masalahnya.

Dengan memiliki ilmu, manusia dapat menemukan solusi dari setiap masalah kehidupan. Dalam hal ini perlu kehati-hatian karena ketika ada suatu persoalan, terlebih dahulu yang dicari adalah sebabnya bukan gejalanya.

Misalnya terlambat masuk kuliah creative thinking, kenapa sampai terlambat? Akar persoalannya adalah karena tadi malam bergadang sampai subuh, sehingga bangun kesiangan. Ketika ada teman kuliah yang tidak masuk lantaran ia mendadak sakit, maka gejalanya adalah demam tinggi dan akar persoalannya yaitu tidak mau makan.

Strategi
Dalam mempersiapkan sesuatu hal perlu adanya stategi yang matang, agar segala sesuatunya berjalan dengan baik sesuai dengan harapan. Tujuan suatu strategi harus realistik (spesifik, jelas, terfokus, keberhasilannya dapat diukur, sesuai kemampuan, tanpa paksaan, ada waktu dalam proses pencapaian tujuannya dan mampu mnyingkirkan setiap hambatan).

Jika strategi telah disiapkan, maka akan siap pula dengan segala resikonya. Dalam strategi ini akan ada bentangan dan anda memiliki kekuatan untuk bersaing secara sehat. Ketika anda telah belajar dalam mengatasi setiap masalah dan kemudian berhasil dengan cara anda sendiri, anda akan merasa bangga dan sebaiknya anda teruskan. Tetapi harus mampu menjaga dan mengembangkannya agar menjadi lebih baik dalam menemukan setiap penyelesaian yang tepat.

Tabah

Adalah kemampuan untuk beradaptasi dengan kemalangan, stress, trauma, tragedi.
Ciri tabah, menurut saya adalah :
• Bisa mengatur hidup
• Lekas bangkit dari keterpurukan
• Optimis menghadapi perubahan
• Humor
• Percaya diri
• Arif mengendalikan ketidakpastian
• Berfikir jernih

Pilihan ada pada diri masing-masing. Ketika beban hidup melanda, stres akan melanda pula pada diri anda, lalu apa yang akan anda pilih? Stres yang negative, membuat anda lebih tertekan atau stress positif sehingga anda tetap optimis dan bersemangat menjalani kehidupan. Harus memahami makna kehidupan itu.

Hidup ini adalah proses dari masa lalu, masa yang sedang dilalui saat ini dan masa depan. Untuk menghadapi setiap kemalangan, perlu adanya langkah dan tindakan.
Setiap manusia memiliki harta yang berada didalam diri (intra waruga) dan di luar diri (ekstra waruga). Kedua harta tersebut sama pentingnya, maka harus di jaga sebaik-baiknya dan digunakan semaksimal mungkin untuk hal-hal yang baik dan bermanfaat untuk diri pribadi maupun orang lain.

Hidup itu harus ikhtiar, ada ujian dan resiko dimana semuanya saling berdampingan. Ikhtiar mencari sebanyak-banyaknya ilmu dan pengalaman serta berbuat lebih baik. Ujian itu kemampuan mencari dan menemukan pilihan, mana yang benar dan yang salah. Resiko itu ada ketika berbuat kesalahan. Walaupun kesalahan itu bukanlah sesuatu yang diinginkan. Tetapi setiap orang harus mampu mengambil dan menerima resiko. Itulah kehidupan.

0 komentar:

Posting Komentar