Selasa, 04 Januari 2011

INGATAN

Ingatan adalah proses mental di dalam otak yang mencakup penkodean, penyimanan dan pemanggilan kembali ingatan tersebut. Ingatan merupakan suatu sistem yang merupakan suatu kesatuan yang utuh. Input merupakan proses pembelajaran dimana berbagai pengalaman, ilmu, pengetahuan yang telah didapat dari masa lalu ataupun pada saat ini dikatakan sebagai input dari diri sendiri. Memanggil kembali memori ingatan adalah ketika kita membutuhkannya.
Jika telah memiliki data input, maka tahap selanjutnya adalah proses. Ketika dalam menjalankan proses tersebut, harus dilakukan berbagai latihan, pengulangan dan pengucapan yang jelas agar ingatan tidak mudah melemah dan lupa. Sehingga kapanpun kita memerlukannya, data yang telah ada akan selalu siap untuk digunakan kembali.
Emosi tidaklah cenderung pada hal-hal yang buruk, tetapi disini dikatakan bahwa emosi merupakan sumber kecerdasan, kepekaan dan penalaran. Emosi yang positif (rasa cinta, sayang, cemburu) dapat membuat orang lebih menikmati hidup dan emosi positif ini merupakan pembelajaran yang sangat berharga jika dibandingkan dengan emosi yang negatif (marah), karena hanya akan membuat orang kehilangan banyak energi dan bahkan rasa penyesalan yang panjang serta apapun yang dilakukan akan menjadi terhambat. Oleh karena itu segeralah mengubah emosi yang negatif menjadi emosi yang positif.
Bagaimana cara mengembangkan intelegensi kita? Yaitu dengan terus melatihnya, hindari rasa malas. Setiap orang memiliki intelegensi yang berbeda-beda. Salah satu faktornya yaitu karena pengaruh bawaan dan lingkungan. Jangan berkecil hati jika memang tingkat intelegensi kita kurang, karena masih banyak waktu dan kesempatan untuk mengasah intelegensi dan inilah tantangan untuk kita.

0 komentar:

Posting Komentar